Webinar Parade Ikan Hias Nusantara Seri 3, Pembenihan Ikan Hias Koi

Foto untuk : Webinar Parade Ikan Hias Nusantara Seri 3, Pembenihan Ikan Hias Koi

Di masa pandemi karena Covid-19 ini, kita tetap dituntut untuk bekerja dan berkarya. Transfer teknologi kepada masyarakat  terus dilaksanakan. Sejak awal pandemi, Balai Riset Budidaya Ikan Hias rutin menyelenggarakan webinar yang dilaksanakan melalui aplikasi zoom dan ditayangkan secara live dan di siarankan kembali ulangannya di channel youtube BRBIH, seperti yang dilaksanakan pada hari ini Kamis 08 Oktober 2020, Balai Riset Budidaya Ikan Hias kembali menggelar webinar parade ikan hias seri 3 dengan tema Pembenihan Ikan Hias Koi yang cukup menyita perhatian publik, terbukti dengan banyaknya jumlah peserta yang mengikuti tercatat sekitar 800 an peserta, baik dari instansi pemerintah pusat dan daerah, mahasiswa/i, dosen, instansi pendidikan, pembudidaya dan pengusaha, para hobiis serta masyarakat umum lainnya.
.
Acara dibuka oleh Kepala Balai Riset Budidaya Ikan Hias, Dr. Idil Ardi yang pada sambutannya menyampaikan “Pasar ekspor ikan hias Indonesia untuk ikan hias Koi termasuk komoditas andalan, sedangkan untuk produksi Koi menempati urutan pertama dari sepuluh besar produksi ikan hias air tawar Indonesia, hal ini membuktikan bahwa kualitas ikan hias hasil budidaya yang dilakukan oleh pembudidaya ikan hias Koi Indonesia tidak kalah bersaing dengan negara lain dan Balai Riaet Budidaya Ikan Hias terus inovasi mengembangkan teknologi budidaya ikan hias koi agar selalu kualitasnya meningkat” ujar Idil yang memicu semangat bagi kita semua.
.
Hadir narasumber pada webinar kali ini peneliti BRBIH, Dr. Eni Kusrini yang menyampaikan materi  meliputi teknik pembenihan mulai dari pengelolaan induk sampai penebaran benih untuk pembesaran, selain itu ditampilkan pula video singkat pembenihan buatan ikan hias koi, dan diakhiri tanya jawab dengan peserta secara langsung.
.
Dengan adanya Webinar Teknik Pembenihan Ikan Hias Koi ini diharapkan peserta akan semakin paham tentang pentingnya salah satu segmen Budidaya Ikan Hias Koi, yang memacu peningkatan produksi di para pelaku, serta meningkatkan ketertarikan masyarakat akan usaha pembudidayaannya. Selain itu, teknik pembenihan ini juga akan menambah wawasan masyarakat umum tentang budidaya ikan hias koi dan perkembangannya. semoga pertemuan daring ini dapat memberikan manfaat guna meningkatkan produksi ikan koi bagi para pelaku dan praktisi secara kualitas dan kuantitas.

e-Pegawai KKP
Peniliti Lipi