Sambut HUT RI ke-75, BRBIH Adakan Parade Ikan Hias Nusantara

Foto untuk : Sambut HUT RI ke-75, BRBIH Adakan Parade Ikan Hias Nusantara

Saat ini banyak sekali jenis ikan hias yang populer di Indonesia, baik jenis air tawar maupun air laut. Namun, apakah masyarakat sudah tau bahwa Indonesia memiliki jenis ikan hias asli Indonesia yang sangat menarik untuk dipelihara. Beberapa ikan hias asli Indonesia tersebut sudah berhasil di kembangankan oleh Balai Riset Budidaya Ikan Hias (BRBIH).

Dalam rangka menyambut ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke 75, pada hari Kamis tanggal 13 Agustus 2020 Balai Riset Budidaya Ikan Hias memperkenalkan beberapa spesies ikan hias asli Indonesia yang sudah dan sedang dikembangkan teknologi budidayanya oleh BRBIH, melalui kegiatan webinar online dalam bentuk e-talk show bertajuk Parade Ikan Hias Nusantara.

Talkshow yang disiarkan melalui aplikasi zoom dan  live Youtube BRBIH ini diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh Indonesia yang terdiri dari berbagai kalangan mulai dari pengusaha, pembudidaya, exportir-importir, para peneliti, para penyuluh, akademisi, mahasiswa/I, instansi dan lembaga pemerintah pusat dan daerah serta masyarakat umum lainnya. Dalam laporannya Dr. Idil Ardi selaku Kepala Balai Riset Budidaya Ikan Hias  menyampaikan bahwa BRBIH memiliki tugas dalam melaksanakan riset ikan hias yang bertujuan memperkaya jenis ikan hias yang dapat dibudidayakan dengan terus meningkatkan kualitas dan kuantitasnya. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang Riset Perikanan Budidaya Agus Cahyadi, M.Si yang dalam hal ini mewakili Plt. Kepala Pusat Riset Perikanan, dalam sambutannya disampaikan Indonesia adalah negara dengan biodiversitas ikan hias yang tinggi, namun dari keseluruhan potensi ikan hias hanya sekitar 7% spesies ikan air tawar asli Indonesia yang baru dapat dibudidayakan, selebihnya merupakan hasil tangkapan. Besarnya potensi pengembangan dan tingginya nilai ekonomi ikan hias asli Indonesia, maka Balai Riset Budidaya Ikan Hias berupaya melakukan riset-riset unggulan yang dapat memberikan kontribusi secara nasional.

E-Talkshow yang dikemas serius tapi santai ini menghadirkan para narasumber  kompeten yang membidangi komoditas ikan tertentu, terdiri dari para peneliti BRBIH diantaranya hadir Drs. Agus Priyadi yang membawakan materi ikan Balashark dan Botia, Dr. Eni Kusrini yang membawakan materi ikan Clown Fish, ikan Cupang Alam dan ikan Gurame Padang, lalu Asep Permana, M.Si yang membawakan materi Ikan Sumpit, dan Bastiar Nur, M.Si yang membawakan materi ikan Rainbow Ajamaru dan Rainbow Kurumoi, lalu disesi berikutnya hadir Ahmad Musa, M.Si yang membawakan materi ikan Arwana Irian, Arwana Super Red dan Banggai Cardinal Fish, Dr. Nina Meilisza yang membawakan materi ikan Tilan, Sumatra Barb dan Buntal, lalu Dr. M. Yamin yang membawakan materi Tanaman Air dan Ikan Daun dan di penghujung hadir Dr. Ofri Johan yang membawakan materi Karang Hias  dan Udang Caridinal. Selain pemaparan dilakukan juga  tanya jawab secara live melalui live chat dari peserta, dibacakan dan disampaikan langsung oleh MC kepada para narasumber. Para peserta mengikuti dengan antusias, dalam kolom komentar peserta menyampaikan harapannya bahwa acara seperti ini  terus dilaksanakan secara rutin.

Webinar ini merupakan pengantar untuk webinar berikutnya yang akan membahas lebih detail dan mendalam tentang teknologi ikan hias yang telah dikuasai BRBIH, dengan dikuasainya teknologi budidaya dan masyarakat mengenal ikan hias asli Indonesia ini diharapkan akan semakin dikenalnya ikan hias asli Indonesia dan munculnya kecintaan terhadap tanah air, serta ketertarikan masyarakat pada ikan hias baik dalam bentuk hobi maupun usaha pembudidayaannya. Selain itu, Parade Ikan Hias Nusantara ini juga diharapkan akan menambah wawasan masyarakat umum tentang ikan hias asli Indonesia dan perkembangannya.

e-Pegawai KKP
Peniliti Lipi